Bank Syariah Sudah Sesuai Syariah Islam
Bank Syariah Sudah Sesuai Syariah Islam

Apakah Bank Syariah Sudah Sesuai Syariah Islam? Berikut Pernjelasannya

Diposting pada

Ejournal-unisma.net. Apakah Bank Syariah Sudah Sesuai Syariah Islam?. Trend bank syariah di indonesia mulai bermunculan. Namun, Masih banyak pertanyaan yang mungkin sama dialami oleh netizen yang budiman. Apakah bank di Indonesia dengan label “Syariah” sudah sesuai dengan “Syaiah” yang sebenarnya dalam islam.

Sebelum kita masuk pembahasan yang lebih dalam, kita bahasa dulu mengenai definisi dari bank, syariah, dan bank syariah itu sendiri terlebih dulu.

Definisi Bank

istilah bang yang sering kita dengar sehari hari memiliki arti sebagai tempat untuk melakukan bebragai macam transaksi yang pastinya berhubungan dengan keuangan. Proses transaksi itu bisa menabung, penagihan, deposito, transafer uang, pembayaran dan lainnya.

Definisi Syariah

Pasti netizen yang budiman sering mendengan kata “syariah” dalam kehidupan sehari hari. Syariah mulai banyak diperbincangkan dikalangan masyaratkat. Syariah memili arti sebagai suatu sistem atau aturan yang mengatur hubungan antara manusia dengan Allah, atau hubungannya dengan manusia.

Definisi Bank Syariah

Menurut UU No. 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah, adapaun definisi dari bank syariah adalah bank yang menjalankan usaha berdasarkan prinsip syariah, atau prinsip hukum islam yang diatur dalam fatwa majelis ulama Indonesia seperti prinsip keadilan dan keseimbangan, kemaslahatan (maslahah), universalisme (alamiah) serta tidak mengandung gharar, maysir, riba, zalim dan objek haram.

Apakah Bank Syariah Sudah Sesuai Syariah Islam? Berikut Pernjelasannya

dikutip dari situs MUI, bank syariah yang ada on the track, setiap fatwa yang dijadikan rujukan produk sudah berdasarkan ijtihad, kolektif DSN MUI dan otoritas fatwa internasional. jadi sudah dipastikan ya netizen yang budiman.

jika nanti dalam menjalankan syariah masih ada kekurangan tentu akan diawasi dan diperbaikin agar sesuai syariah, patuh pada ketentuan syariah dan bisa menebarkan kebaikan.

Kesimpulan Apakah bank Syariah sudah sesuai syariah

pertama, bahwa konsep produk perbankan bank syariah sudah didasarkan pada fatwa DSN MUI yang dikeluarkan, jadi sudahpasti melalui kajian yang mendalam panjang dan juga berfokus untuk kemaslahatan bersama. Diskusi mendalam inid ilakukan oleh para pakar, praktisi, regulator dan Mahkamah Agung. Jadi dipastikan kredibilitasnya.

Sekarang jadi sudah lebih paham ya. Jika masih memili pertanyaan apakah sudah sesuai dengan syariah, jawabannya adalah sudah sesuai.

Saya lanjutkan lagi yang kedua, didasarkan pada ijtihaj yang kolektif fatwa internasional seperti:

  1. Standar syariah internasional AAOIFI di Bahrain
  2. 2. Perlembagaan Fikij OKI yang ad di Jeddah
  3.  Perlembagaan Fikih Rabitahah Alam Islami yang ada di Makkah

semua itu sudah dijadikan referensi otoritas di dunia bank syariah di dunia.

Selanjutnya penjelasan yang ketiga nih dari admin, Secara umum metode DSN MUI itu sama dengan metode Ijtihak Lembaga Fatwa Internasional yang sudah saya sebutkan di atas. DImana sudah digariskan ulama ahli ushu;. dengan memastikan bahwa setiap fatwa harus memiliki landan sesuai Alqur’an. Hadis. Ijma, urf Tujjar dan maslahat.

Jadi semakin mantap ya bahwa produk bank syariah di Indonesia saat ini didasarkan pada landasan yang benar secara agama. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar Konsultasi Muslim. Silahkan langsung menuju ke partnert web kami di konsultasimuslim.net

Penutup

Sekian penjelasan dari admin mengenai artikel Apakah Bank Syariah Sudah Sesuai Syariah Islam? Berikut Pernjelasannya. Jika masih ada yang kurang . Silahkan berkomentar di kolom komentar dengan baik dan sopan. Insyaallah admin akan membalas komentar netizen yang budiman. Salam enterpreneur dan Terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *